Tuesday, February 18, 2020

Probiotik Ikan Nila Terbaik

Probiotik Ikan Nila Terbaik
Contoh probiotik pada beberapa jenis ikan

Probiotik ikan adalah mikroorganisme yang yang memiliki sifat pengurai, penghasil antibiotik, serta nitrifikasi nitrogen pada usus ikan. Sebelum terlalu jauh membahas tentang Probiotik Ikan Nila Terbaik, alangkah lebih sempurna jika mengetahui  tentang Effective MicroOrganism.
Cara kerja probiotik pada ikan yaitu membantu tubuh inang (ikan) untuk memecah makanan sehingga dapat diserap dengan baik. Dalam tubuh ikan mekanisme kerja probiotik untuk pencegahan penyakit adalah dengan menghasilkan suatu zat yang disebut zat antibakteri yang dapat menekan pertumbuhan bakteri lain yang merugikan bagi ikan. Sifat- sifat tersebut terdapat pada beberapa spesies mikroorganisme berikut:

a. Bifidobacterium bifidum 

Adalah organisme probiotik sangat penting yang ditemukan dalam jumlah besar di usus dan mukosa vagina. Bifidobacterium bifidum mencegah perkembangbiakan E. coli, salmonella dan clostridium. Bakteri ini juga memproduksi asam laktat dan asam asetat yang menurunkan pH usus dan mencegah pertumbuhan bakteri jahat. Penelitian lain pada Bifidobacterium menunjukkan bahwa organisme ini juga merangsang penyerapan mineral seperti besi, kalsium, magnesium, dan seng. 

b. Bifidobacterium longum 

Merupakan bakteri probiotik dalam usus besar. Penelitian menunjukkan bahwa bakteri ini berkontribusi meningkatkan nilai gizi makanan dengan memproduksi vitamin melalui sintesis enzim pencernaan seperti fosfatase kasein atau lisozim. Bifidobacterium longum juga berpartisipasi dalam Pencernaan usus. 

c. Bifidobacterium breve 

Memungkinkan berfungsinya sistem Pencernaan, membantu menghambat pertumbuhan bakteri berbahaya dan merangsang sistem kekebalan tubuh. Bifidobacterium breve juga berperan penting dalam sintesis vitamin D dan K. 

d. Bifidobacterium lactis 

Dikenal menjaga keseimbangan mikroflora usus, mendorong penyerapan nutrisi, merangsang sistem kekebalan tubuh dan mendetoksifikasi usus, darah dan hati. 

e. Lactobacillus acidophilus 

Membantu pencernaan laktosa susu, merangsang respon kekebalan tubuh terhadap mikroorganisme yang tidak diinginkan dan membantu mengendalikan kadar kolesterol darah. Banyak publikasi yang menunjukkan bahwa Lactobacillus acidophilus menghasilkan zat seperti lactocidine atau ocidophiline yang meningkatkan stamina dan kekebalan. 

f. Lactobocillus casei 

Merupakan bakteri probiotik yang telah lama digunakan dalam susu fermentasi seperti pada produk Yakult, Jepang. Lactobacillus casei membantu membatasi pertumbuhan bakteri jahat dalam usus. 

g. Lactobacillus plantarum 

Menghasilkan asam laktat di saluran pencernaan. Penelitian menunjukkan bahwa Lactobacillus plantarum membantu mengurangi perut kembung. Spesies probiotik ini juga membantu penyerapan vitamin dan antioksidan serta menghilangkan komponen beracun dari makanan. 

h. Bulgaricus 

Hanyalah satu dari sekian banyak jenis bakteri yang menguntungkan tubuh. Beberapa jenis di antaranya adalah Lactobacillus acidophilus, L. casei', L. rueteri, Streptococcus lactis, S. citrovorus, Bifobacterium bifidum, Saccharomyces baulardii, dan masih banyak lagi.

Jenis Probiotik ikan

Merk probiotik untuk ikan nila adalah probiotik yang mengandung Lactobacillus, Saccharomyces dan enzym. Cara membuat probiotik alami untuk ikan nila:

A. Bahan-Bahan

  • Mina Bacto 1/2 liter
  • Mina 88 1/2 liter
  • Bonggol pisang 3 kg
  • Molase/ air gula merah 1 kg
  • Ragi roti 1 sendok makan
  • Air steril 30 liter

B. Alat - alat

  • Jerigen 35 liter atau wadah yang bisa ditutup
  • Alat pengaduk
  • Timbangan

C. Cara pembuatan

  • Isi air steril 30 liter kedalam wadah
  • Masukkan molase/ air gula merah sambil diaduk
  • Bonggol pisang dicacah/ dihancurkan lalu masukan ke wadah yang sudah diisi air
  • Kemudian masukkan juga Mina Bacto, mina-88, dan ragi roti
  • Aduk selama kurang lebih 15 menit
  • Tutup rapat dan simpan selama 7 hari
  • Selama proses fermentasi, tutup dibuka untuk melepaskan gas hasil fermentasi. 

D. Dosis dan waktu

Dosis pemberian probiotik pada ikan sebanyak 20 ml/kg pakan (dicampur air). Untuk kolam dosisnya 20 ml/m2.
Waktu pemberian probiotik pada kolam adalah jam 11-13 siang, sedangkan untuk pakan sebaiknya dicampur 30 menit sebelum waktu kasih pakan.