Wednesday, January 22, 2020

Rahasia Ikan Dori Fillet

Rahasia Ikan Dori Fillet
Ikan Dori (John Dori) 

Apa yang Anda tau tentang ikan Dori? Mungkin dari sekian banyak taunya ikan Dori itu merupakan daging ikan patin yang di filet. Sebenarnya ikan patin yang di fillet dilabeli dengan Dori fillet karena tekstur dagingnya setelah di fillet hampir sama dengan ikan Dori (John Dori). 

Ikan John Dori merupakan ikan premium dengan harga tinggi. Ikan Dori berasal dari perairan laut dingin di kawasan Australia. Bentuknya pipih seperti ikan Dori hias, kulitnya cokelat dengan mata lebar dan titik hitam di sisi badannya. Daging ikan ini putih bersih dan sangat halus serta gurih. Karena itu lebih sering dijual dalam bentuk fillet. Sedangkan ikan Dori fillet yang banyak beredar dipasaran dengan harga rendah adalah ikan patin yang difillet. Jangan salah, terkadang restoranpun menggunakan ikan patin fillet sebagai pengganti ikan Dori karena ikan Dori tergolong kedalam ikan mahal sekaligus susah didapat. Ikan John Dori sering diolah menjadi Dori tepung, goreng, kukus atau diberi bumbu yang sedikit tajam. 
Dori Fillet

Baca juga; Traceabelity Pada Produksi Hasil Perikanan Tangkap
Untuk dapat membedakan hasil olahan ikan Dori dengan patin, ada sedikit tips dari Chef Harmoni Square Coffee Shop, Grand Mercure Jakarta Harmoni, Zippo
1. Aroma
Ikan dori adalah ikan laut, sedangkan patin umumnya hidup di lumpur. Untuk membedakan keduanya, caranya, bisa dicium. Bila sang koki tak pandai memasak, aroma tanah pada ikan patin akan masih kental tercium. Sedangkan aroma dori biasanya lebih segar, khas ikan air asin pada umumnya.
2. Serat
Kalau diselisik dari seratnya, saat daging dibelah, dori memiliki tekstur yang sangat lembut. Dagingnya membentuk serabut kecil-kecil. Sementara itu, patin tak terlalu halus. Seratnya tak sekecil ikan dori.
3. Tekstur
Dori memiliki tekstur daging yang tebal. Ketika dikunyah, bagian-bagian dagingnya terasa padat dan kenyal. Sedangkan daging patin lebih tipis. Dan teksturnya lebih lembek.
4. Rasa
Dori memiliki rasa dominan gurih dengan sedikit kombinasi manis. Sedangkan patin murni gurih, mirip dengan daging lele. Anda akan menikmati rasa yang familiar ketika mengkonsumsi daging patin.
Baca juga; Udang Vannamei
Itulah rahasia dari ikan Dori fillet.