Monday, January 27, 2020

Jenis Wadah Budidaya Ikan Konsumsi

Wadah budidaya ikan konsumsi

Merupakan tempat yang bisa membatasi dan menampung ikan untuk melakukan budidaya ikan untuk pembesaran atau konsumsi. Dengan memahami berbagai macam wadah budi daya, konstruksi wadah budi daya maka akan diperoleh peningkatan produktivitas dalam budi daya ikan.

Jenis wadah budidaya ikan konsumsi

Jenis-jenis wadah budidaya ikan konsumsi yang sekarang banyak digeluti yaitu kolam air tenang, kolam air deras, tambak, jaring apung, jaring tancap, kombangan/ krangkeng dan kolam terpal. Berikut penjelasannya;

1. Kolam air tenang

Kolam air tenang adalah kolam yang debit air masuk dan keluarnya tidak terlalu deras ataupun tidak ada pertukaran air selama masa budidaya. Biasanya kolam air tenang menggunakan tanah sebagai substratnya atau disebut juga sebagai kolam tengah. Jenis ikan konsumsi yang dipelihara di kolam air tenang seperti Ikan mas, nila, gurami, udang galah, patin, bawal, tawes, ikan hias, tambakan, sepat, kowan, mola, sidat. 
Jenis Wadah Budidaya Ikan Konsumsi Kolam Air Tenang

2. Kolam air deras

Kolam air deras merupakan kebalikan dari kolam air tenang yaitu kolam yang debit air masuk dan keluarnya besar serta substratnya terbuat dari beton. Biasanya kolam air deras terdapat dipinggiran irigasi atau saluran air yang langsung dari pegunungan. Jenis ikan konsumsi yang dibudidayakan di kolam air deras seperti ikan nila dan mas. 
Jenis Wadah Budidaya Ikan Konsumsi Kolam Air Deras

3. Tambak

Tambak termasuk dalam kolam air tenang yang terdapat disekitaran pantai. Tambak menggunakan air asin atau payau untuk budidaya. Jenis ikan konsumsi yang dibudidayakan seperti Udang windu, vannamei, bandeng, belanak, mujair, nila, kakap putih, kerapu, rumput laut, kepiting bakau, udang galah. 
Jenis Wadah Budidaya Ikan Konsumsi Tambak

4. Jaring apung

Jaring apung adalah jaring yang berbentuk petakan (keramba) yang ditempatkan di daerah perairan dalam seperti waduk, danau, dan laut. Dinamakan jaring apung karena posisinya terapung diatas air dengan menggunakan pelampung beruap drum. Jenis ikan konsumsi yang dibudidayakan di jaring apung seperti Kerapu, kakap, udang windu, bandeng, samadar, ikan hias laut, ikan mas, nila, mujair, gurami, patin, bawal, sidat, ikan hias air tawar.
Jenis Wadah Budidaya Ikan Konsumsi Jaring Apung

5. Jaring tancap

Jaring tancap hampir sama dengan jaring apung. Jaring tancap adalah jaring yang diikatkan pada patok yang menancap ke dasar perairan. Ikan konsumsi yang dibudidayakan di jaring tancap adalah Kerapu, kakap, udang windu, bandeng, samadar, ikan hias laut, ikan mas, nila, mujair, gurami, patin, bawal, sidat, ikan hias air tawar. 
Jenis Wadah Budidaya Ikan Konsumsi Jaring Tancap

6. Kombongan/ Kerangkeng

Kombongan adalah wadah yang berupa kandang (Kerangkeng) terbuat dari kayu, papan, atau bambu dengan cara ditempatkan di dasar sungai. Jenis ikan konsumsi yang dipelihara yaitu Ikan mas, ikan nila, ikan hias, kepiting. 
Jenis Wadah Budidaya Ikan Konsumsi Kombongan Kerangkeng

7. Kolam terpal

Kolam terpal adalah kolam yang dibuat diatas tanah dengan berdinding terpal. Kolam terpal biasanya digunakan di daerah padat penduduk dengan menggunakan lahan sempit seperti pekarangan rumah. Pada kolam terpal biasanya dipelihara jenis ikan lele atau nila dengan sistem bioflok.
Jenis Wadah Budidaya Ikan Konsumsi Kolam Terpal

Baca juga;
Itulah 7 jenis wadah budidaya ikan konsumsi. Kalau ada masukan atau tambahan, silahkan tinggalkan komentar dibawah. Salam Pengelolaan Perikanan