Sunday, January 26, 2020

Cara Membersihkan Cacing Sutra Dari Lumpur

Cara Membersihkan Cacing Sutra Dari Lumpur
Berikut ini adalah sedikit tips cara panen cacing sutra pada kolam budidaya. Banyak pertanyaan bagai mana cara panen cacing sutra, bagaimana cara memisahkan lumpur dan cacing sutra pada saat panen.

Cara membersihkan cacing sutra

Bagaimana cara membersihkan cacing sutra dari lumpur dan bakteri yang ada di cacing Sutra sehingga aman untuk dikonsumsi bibit ikan? Berikut 7 langkah membersihkan cacing sutra dari lumpur supaya aman dikonsumsi oleh ikan;
  1. Pada saat cacing sutera siap di panen, ambil casut pada bagian yang bergerombol. 
  2. Bersihkan lumpur dan cacing dengan mengayak lumpur yang bercampur cacing hingga menggumpal. 
  3. Masukkan cacing sutra yang masih campur dengan lumpur pada ember panen. 
  4. Ini tips untuk memisahkan lumpur dan cacing supaya cacing bersih. pada saat sebelum menutup supaya lembab dan panas dan cacing naik. Taruh diatas hasil panen jaring yang lembut. Proses naiknya casut ini memakan waktu kurang lebih 3 jam. 
  5. Setelah kurang lebih 3 jam buka penutup hasil panen. Cacing sudah bersih dan terpisah dengan lumpur. Cacing akan naik diatas permukaan jaring. 
  6. Masukkan cacing sutra pada kolam karantina yang dialiri air bersih untuk membersihkan cacing. Pada kolam karantina cacing bisa dikasih makan sayur sayuran agar tetap bersih dan bakteri bakteri hilang. Dengan pergantian makanan kotoran cacing sutra akan tampak beda. 
  7. Setelah di karantina pada kolam karantina pindah cacing sutra pada kolam siap jual. Cacing sutra sudah bersih dan siap di jual. 

Baca juga; Budidaya Cacing Sutra Untuk Perikanan

Demikian sekedar informasi bagaimana cara membersikan cacing sutra dari lumpur. 

(Sumber; FB Cacing Sutra Jogja)