Garis Pantai Indonesia Terpanjang Keempat di Dunia

Posted by Zabar Yunus On Kamis, 05 Maret 2009 2 komentar
" "

Jakarta - Indonesia memiliki garis pantai terpanjang keempat di dunia dengan panjang mencapai lebih dari 95.181 kilometer (km).

"Ada koreksi ternyata, ternyata panjang garis pantai kita 95.181 km," kata Sekretaris Dewan Kelautan Indonesia, Rizald Max Rompas, pada workshop "Persepsi Politisi Terhadap Bidang Kelautan Sebagai Mainstream Pembangunan Nasional" di Jakarta, Selasa (24/2).
Seperti yang diberitakan Antara, Rompas menegaskan bahwa koreksi panjang garis pantai Indonesia dari 81.000 km menjadi 95.181 km ini telah diumumkan PBB pada 2008 lalu. Dengan koreksi yang dilakukan PBB tersebut kini Indonesia justru berada di posisi keempat setelah Rusia. Sedangkan negara pemilik garis pantai terpanjang diduduki Amerika Serikat (AS) dan diikuti Kanada. Sebelumnya Kanada menduduki urutan pertama dengan panjang garis pantai 243.792 km dengan 52.455 pulau.

"Sementara Indonesia sekarang ini bukan memiliki lebih dari 17.500 pulau tetapi kurang lebih ada 17.480 pulau," ujar dia.

Sebagai negara kepulauan terbesar dengan luas lautan tiga per empat dari luas daratan, dan bertambah panjangnya garis pantai tersebut melalui penelitian disebutkan sektor kelautan mampu menyumbang 140 miliar dolar AS per tahun, ujar dia.

"Jumlah itu belum termasuk sumbangan sektor kelautan dari dasar laut yakni potensi migas," ujar dia.(Ant),


" "
Semoga artikel Garis Pantai Indonesia Terpanjang Keempat di Dunia bermanfaat bagi Anda.

Jika artikel ini bermanfaat,bagikan kepada rekan melalui:

+ komentar + 2 komentar

17 Desember 2011 09.49

tidak salah kalo negara kita mendapat sebutan sebagai negara maritim.
iklan gratis

Terimakasih sarip husen atas Komentarnya di Garis Pantai Indonesia Terpanjang Keempat di Dunia

Poskan Komentar