Wednesday, March 4, 2020

3 Penelitian Ikan Mas tentang Kelayakan Finansial dan Analisis Efisiensi

3 Penelitian Ikan Mas tentang Kelayakan Finansial dan Analisis Efisiensi

Penelitian Tentang Ikan Mas

Hasil jurnal penelitian tentang ikan mas ini bisa dijadikan tinjauan Pustaka bagi yang memerlukan Contoh Proposal Penelitian Ikan Mas baik ikan mas koi atau konsumsi. Berikut hasil penelitiannya. 

Analisis Kelayakan Finansial Usaha Ikan Mas (Cyprinus carpio) dengan Cara Pemberokan

Menurut Anggraini (2008), dalam penelitiannya yang berjudul Analisis Kelayakan Finansial Usaha Ikan Mas (Cyprinus carpio) dengn Cara Pemberokan (Kasus: Desa Selajambe, Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi, Propinsi Jawa Barat), bahwa terdapat perbedaan budidaya yang dilakukan di daerah penelitian antar ketiga skala usaha, yaitu pada skala kecil benih ikan Mas yang digunalkan berkualitas biasa karena benih yang berkualitas lebih baik harganya lebih mahal dibandingkan dengan kualitas biasa. Hal ini mengakibatkan ikan Mas yang dibudidayakan rentan terhadap hama dan penyakit. 

Pada skala besar, belum memperhatikan cara pemupukan dan pemberian pakan yang sesuai dengan ketentuan dari dinas perikanan karena kolam yang dibudidayakan cukup luas dan kurangnya tenaga kerja yang digunakan. Pemberian pupuk dan pakan yang tidak merata mengakibatkan produksi ikan Mas pada skala besar tidak mencapai optimal, sedangkan pada skala menengah sudah mendekati kondisi optimal karena memenuhi ketentuan cara budidaya yang baik dari dinas perikanan. 

Kondisi budidaya ikan Mas dilihat dari keadaan geografis daerah penelitian sangat mendukung, seperti suhu, cuaca, dan curah hujan yang tinggi, tanah yang berlumpur, kondisi air yang sesuai dengan persyaratan budidaya sangat membantu perkembangbiakan ikan Mas. Lokasi budidaya yang relatif dekat dengan pasar juga menjadi faktor pendukung usaha ini. Usaha budidaya ikan Mas mampu memberikan tambahan pendapatan daerah, dapat menyediakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat setempat, dan mampu membantu perekonomian rumah tangga petani.

Analisis Efisiensi Faktor yang Mempengaruhi Produksi Ikan Koi

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh Jayamurti (2014), tentang Analisis Efisiensi Faktor yang Mempengaruhi Produksi Ikan Koi di Kecamatan Cisaat Kabupaten Sukabumi, bahwa faktor-faktor yang berpengaruh nyata terhadap produksi ikan Koi di Kecamatan Cisaat adalah benih, pupuk kandang, dan obat-obatan. Penggunaan faktor-faktor produksi ikan Koi di Kecamatan Cisaat telah tercapai efisiensi secara teknis, tetapi faktor-faktor produksi seperti benih telah melampaui tingkat efisiensi secara ekonomi, sedangkan pupuk kandang dan obat-obatan belum tercapai efisiensi secara ekonomi. 

Motif yang mendasari konsumen dalam pembelian ikan Koi yaitu karena ikan Koi memiliki postur tubuh dan warna yang indah. Tujuan konsumen dalam pembelian ikan Koi yaitu sebagai hobi. Konsumen sangat antusias dalam pembelian ikan Koi terlihat dari tingkat kepuasan yang menyatakan 100 persen puas.

Pengaruh Periode Pemuasaan Terhadap Efisiensi Pemanfaatan Pakan

Jurnal penelitian Arifin Mustofa, dkk (2018) dengan judul “Pengaruh Periode Pemuasaan Terhadap Efisiensi Pemanfaatan Pakan, Pertumbuhan dan Kelulushidupan Ikan  Mas (Cyprinus carpio)” bahwa periode pemuasaan berpengaruh nyata  (P<0 berpengaruh="" carpio="" efisiensi="" ikan="" kelulushidupan="" mas="" namun="" nbsp="" nyata="" p="" pakan="" pemanfaatan="" pertumbuhan="" terhadap="" tidak="">

Perlakuan A (tanpa dipuasakan)  memberikan nilai TKP tertinggi sebesar  126,30±5,25 g, nilai RGR tertinggi  sebesar 3,90±0,10%/hari, dan nilai  pertumbuhan panjang mutlak tertinggi  sebesar 3,96±0,01 cm. Perlakuan B  (dipuasakan 1 hari diikuti pemberian  pakan 1 hari) memberikan nilai EPP  tertinggi sebesar 76,44±2,46%, dan nilai  FCR terrendah sebesar 1,22±0,04.

Itulah 3 (tiga) penelitian tentang ikan mas. Semoga bisa menambah pengetahuan dan referensi.