Wednesday, February 12, 2020

8 Langkah Pembenihan Ikan Lele Yang Terbukti Berhasil

Pembenihan Ikan Lele

Pembenihan ikan lele adalah suatu usaha manusia yang dilakukan terhadap lele indukan bertujuan menghasilkan larva lele secara terkontrol. Ada 3 cara atau metode pembenihan yang dapat dilakukan yaitu:
  1. Pembenihan ikan lele secara alami yaitu pembenihan yang dilakukan secara alami tanpa menambahkan bahan-bahan untuk mempengaruhi/ mempercepat perkawinan induk lele
  2. Pembenihan ikan lele semi alami yaitu pembenihan yang dilakukan dengan cara menambahkan peransang atau bahan-bahan lainnya agar induk lele siap untuk kawin. 
  3. Pembenihan ikan lele secara buatan merupakan proses pemijahan ikan lele secara buatan yang seluruh prosesnya dilakukan manusia guna mendapatkan larva lele, pada proses ini tidak ada namanya proses perkawinan induk lele. 
Dari 3 cara tersebut, ada satu cara yang kebanyakan salah menafsirkan yaitu pembenihan lele modern, dimana kebanyakan orang menafsirkan cara tersebut sama dengan pemijahan buatan. Dan yang akan dibahas kali ini adalah langkah- langkah teknik pembenihan ikan lele secara alami.
8 Langkah Pembenihan Ikan Lele Yang Terbukti Berhasil
Cara pemijahan ikan lele di kolam terpal

Teknik Pembenihan Ikan lele secara alami

Berikut tahapan-tahapan yang perlu dilakukan guna meminimalisir kegagalan dalam proses pembenihan:

1. Melihat kesiapan induk

Umur lele yang sudah siap dijadikan induk yaitu jantan umur 1 tahun dan betina 1.5 tahun. Sebelum mempersiapkan segala hal untuk proses pemijahan, pantau dulu kesiapan induk lele. Apakah sudah ada induk yang yang bertelur dan matang gonad atau belum, serta apakah induk dalam kondisi prima?
Pakan yang digunakan untuk indukan pembenihan lele adalah pakan yang memiliki nilai protein diatas 30% seperti Hiprovite 781 dan seminggu dua kali bisa diselingi dengan keong sawah. 

2. Persiapkan Kakaban

Kakaban merupakan tempat untuk menempelnya butiran-butiran telur ikan. Kakaban bisa terbuat dari ijuk atau paranet. Banyaknya Kakaban tergantung dari luas kolam kawin yang digunakan. Intinya Kakaban harus bisa menutupi semua area lantai kolam kawin induk lele. 
8 Langkah Pembenihan Lele Yang Terbukti Berhasil
Kakaban Ijuk

3. Mempersiapkan kolam kawin dan kolam penetasan

Ukuran kolam pemijahan / kawin bisa 2 x 1 untuk 1 pasang induk dan 2 x 3 untuk 2 pasang 1 : 2 (1 jantan 2 betina). Setelah melihat kesiapan induk lele dan ada yang siap untuk dikawinkan, maka tahap selanjutnya yaitu mempersiapkan kolam kawin untuk induk dan kolam penetasan. Persiapan kolam penetasan meliputi pembersihan kolam dan pengisian air sekitar 20 cm. 

4. Proses perkawinan induk lele

Masukkan Kakaban dan tata sedemikian rupa agar semua lantai kolam kawin tertutupi. Kemudian masukkan induk lele jantan pagi hari ke kolam kawin dan sore harinya baru induk lele betina masuk, atau minimal 2 jam duluan induk lele jantan yang masuk dari betina ke kolam kawin. 

5. Proses kawin induk lele

Induk lele yang benar-benar siap dan prima akan melakukan proses perkawinan pada malam itu juga. Usahakan saat proses perkawinan terjadi, jangan ada kesibukan di dekat kolam kawin yang bisa mengganggu proses perkawinan. 

6. Pemindahan induk dan telur

Setelah proses perkawinan selesai, shubuh sekitar jam 3-5 induk lele betina akan mengeluarkan telur dan telur-telur itu akan menempel pada kakaban. Secepat mungkin induk- induk lele tersebut langsung dipindahkan ke kolam istirahat. 

7. Pemindahan telur ke kolam penetasan

Pemindahan telur dilakukan dengan cara memindahkan kakaban- kakaban tadi. Dalam satu pasang induk biasanya saya akan menggunakan 3 kolam penetasan. 

8. Alih fungsi kolam kawin ke kolam penetasan

Pada kolam bekas kawin, pasti akan tersisa telur yang jatuh ke lantai atau dinding kolam jangan biarkan telur-telur itu mubazir. Karena sesuatu yang mubazir tidak akan membawa keberkahan. Buang air bekas kawin sebanyak 3/4 kemudian isi dengan air baru setinggi 20 cm. 

Kesimpulan

  • Pembenihan ikan lele secara alami lebih menitik beratkan pada kesiapan induk lele
  • Tidak ada perbedaan pembenihan ikan lele sangkuriang dengan mutiara, dumbo, Paiton, dan lainnya
  • Jangan melakukan usaha apapun dengan mengabaikan PERSIAPAN karena "Gagal Dalam Persiapan sama dengan Mempersiapkan Kegagalan"
  • Jangan berhenti mencoba, banyak materi dan makalah pembenihan ikan lele yang bisa dijadikan referensi
Untuk menghindari kelangkaan cacing sutra pada proses pendederan larva lele, mungkin pembenihan lele tanpa casut bisa jadi solusinya