Thursday, February 6, 2020

Habitat Ikan Gurame dan Kebiasaan Makan Ikan Gurame

Habitat Ikan Gurame
Habitat asli ikan gurami (Osphronemus gouramy Lac.) adalah perairan tawar yang tenang dan tergenang seperti rawa dan sungai dengan kadar oksigen yang cukup dan mutu air yang baik. Apabila dibudidayakan di daerah dataran rendah dengan ketinggian 50–600 m dari permukaan laut ikan gurami akan berkembang dengan baik. Ikan gurami juga akan menunjukkan pertumbuhan optimal apabila dikembangkan di dataran dengan ketinggian 50-400 m dari permukaan laut dengan suhu 24-28 oC (Agri, 2011).

Di Indonesia ikan gurami dijuluki sebagai Giant Gouramy karena ukurannya yang besar. Mulanya ikan gurami banyak ditemukan di pulau Sumatera , Jawa, dan Kalimantan. Namun karena banyak digemari oleh masyarakat karena rasanya yang enak dan gurih, ikan gurami sudah banyak diperkenalkan ke negara lain sejak abad 18, seperti Madagaskar, Sychales, Australia, Srilanka, Mauritius, Suriname, Haiti, 
Martinique, dan Guyane (Robert, 1992).
Baca juga; Pemijahan Ikan Gurami 

Kebiasaan makan ikan gurame

Menurut Bachtiar (2010), ikan gurami termasuk hewan omnivora, yakni pemakan tumbuh-tumbuhan dan daging. Di habitat aslinya, jenis makanan gurami adalah fitoplankton, zooplankton, serangga, dan daun tumbuhan lunak. Fitoplankton seperti rotifera, insuforia, dan chlorella, dikonsumsi oleh gurami stadium larva. Sementarazooplankton, seperti daphnia, cladocera, dan serangga, biasanya dikonsumsi gurami stadium benih, dari yang berukuran biji oyong, gabah, hingga ukuran kuku jempol. 

Setelah dewasa, gurami lebih menyukai tumbuhan air sebagai makanannya, seperti mata lele (azolla), ekor kucing (hydrilla), ekor tupai (myriophyllum), apu-api (pistis), kangkung air, genjer, ceratopgyllum, dan lemna. Selain tumbuhan air, gurami juga memakan pakan alami berupa tumbuhan darat, seperti daun talas atau sante, daun pepaya, daun ubi kayu (singkong), dan kangkung. Jika dibudidayakan, gurami bisa diberi pakan tambahan berupa pelet. 
Baca juga; Cara Seleksi Induk Gurame
Sumber; R. Maesaroh (Teknik Pembenihan Ikan Gurami)