Thursday, January 16, 2020

Penggolongan Protein

Protein globular dan serabut
Sampai saat ini protein dapat diklasifikasikan penggolongannnya berdasarkan bentuk, struktur tiga dimensi serta penggolongan lainnya. Berdasarkan bentuk protein dibagi menjadi dua golongan yaitu protein globular dan protein serabut. 

• Protein Globular 
Protein globular adalah protein yang rantai-rantai polipeptidanya berlipat rapat-rapat menjadi bentuk globular atau bulat yang padat atau berbentuk bola. Jenis protein ini biasanya larut dalam sistem larutan (air) dan segera berdifusi dan mempunyai fungsi gerak atau dinamik. Beberapa contoh dari protein globular antara lain adalah: enzim, protein transport pada darah, hormon protein, protein pecahan serum darah, antibodi dan protein penyimpan nutrien. 
Baca juga; Proses Pemanfaatan / Pembagian Energi Pada Ikan
• Protein Serabut
Protein serabut adalah protein yang tidak larut dalam air dan merupakan molekul serabut panjang dengan rantai polipeptida yang memanjang pada satu sumbu dan tidak berlipat menjadi globular. Protein globular ini terdiri dari suatu rantai panjang polypeptide. Protein ini biasanya memberikan peranan struktural atau pelindung. Beberapa contoh protein serabut antara lain adalah collagen, yang ditemukan dalam tulang rawan atau tulang lembut, pembuluh darah, acuan/matriks tulang, urat daging, sirip dan kulit; elastins. Hal tersebut adalah suatu komponen nadi/jalan utama dan ikatan sendi; dan keratins, di mana protein jenis ini bersifat melindungi seperti kulit dan timbangan. 
Baca juga; Materi Pembenihan Ikan Nila
Sumber: Buku Budidaya Ikan Jilid 2 Oleh Gusrina