Tuesday, December 22, 2015

PROSES PERTUMBUHAN PENDEDERAN IKAN NILA DI KJA KEDUNGOMBO

Pendederan ikan nila dilakukan mulai tanggal 21 November 2015 dengan ukuran 1-2 cm sebanyak 75000 ekor bibit nila yang sudah dijantanisasi. Benih sebanyak 75000 ekor ini ditempatkan pada 2 petak jaring hapa yang berwarna hijau dengan ukuran jaring 6 x 12 x 0,8 meter/jaring. Pakan yang diberikan yaitu pakan PSP yang masih berbentuk tepung, kemudian saya bentuk bola-bola dengan sedikit campuran air sebagai perekat. Pakan PSP yang berbentuk bubuk saya bikin bola-bola guna menghindari terbuangnya pakan akibat terbawa arus karena pendederannya dilakukan di jaring apung, sedangkan kalau pendederan yang dilakukan pada kolam darat, pakan bubuk PSP bisa langsung ditebar dalam bentuk bubuk.

Setelah 1 minggu berada di hapa (jaring warna hijau) bibit nila sudah berukuran 2-4 cm dengan berat/ekor (MBW) sekitar 0,3-0,6 gram, kemudian dipindahin ke waring warna hitam yang lobangnya lebih besar dari hapa warna hijau. Kolam waring tersebut berukuran 12 x 6 x 4 meter. Pemindahan ini dilakukan karena bibit nila sudah memerlukan tempat yang lebih luas agar pertumbuhannya tidak terhambat dan kondisi tubuh ikan tidak terganggu akibat penggunaan hapa hijau, yang mana hapa hijau lubangnya sangat kecil dan sebagian sudah tertutupi lumut dan menyebabkan proses sirkulasi air dan oksigen terhambat.

Pada ukuran 2-4 cm bibit nila sudah mulai dikasih pakan butiran FF-888. Pemberian pakan FF-888 yang saya lakukan masih menggunakan metode adlibitum (sampai kenyang). Pakan FF-888 dibasahi sedikit dengan air yang dicampur vit-c sebanyak 2% dari pakan supaya pakan lebih lembut. Penggunaan vit-c berguna untuk menjaga ketahanan tubuh bibit ikan, apalagi pendederan dilakukan di waduk. Dimana kondisi air di waduk sering berubah-ubah yang membuat ketahanan tubuh ikan menurun dan gampang stres.

Pemberian pakan FF-888 saya berikan selama 3 minggu atau mencapai ukuran 5-7 cm dengan bobot ABW sekitar 2-6 gram. Kemudian diganti dengan pakan FF-999 dimana butirannya lebih besar dari FF-888. Sekarang masa pendederan sudah berjalan selama 33 hari dan bibit ikan baru memiliki ABW 2-7 gram, rencananya pendederan ini dilakukan sampai bibit ikan nila mempunyai bobot sekitar 20 gram/ekor. Jadi silahkan tunggu update kelanjutannya...