Wednesday, September 26, 2012

Ukuran Alat Tangkap


Pengertian alat tangkap  dari jaring adalah semua alat tangka ikan dengan menggunakan yang bahan utamanya terbuat dari jaring.
Dalam menentukan ukuran alat tangkap yang bahan utamanya terbuat dari jaring dapat dibedakan menjadi beberapa kelompok :
1.         Kelompok jaring insang meliputi :
Gill net, Tangle net, Tramel net dan lain-lainnya.
Kelompok ini mempunyai bentuk segi empat panjang, pada bagian atas dilengkapi dengan tali ris atas dan pelampung, pada bagian bawah dilengkapai dengan tali ris bawah dan pemberat. Kadang-kadang gill net ada juga yang tidak menggunakan tali ris bawah. Pada sisi samping / sisi tegak kadang-kadang menggunakan tali tegak.
Kelompok ini panjang alat ditentukan oleh panjang tali ris atas / tali pelampung diukur mulai ujung jarring yang diikatkan pada tali ris sampai ujung jaring lainnya, sedangkan lebar / dalamnya gill net ditentukan oleh panjang tali tegak atau tali samping, jika tidak mempunyai tali samping, maka kedalamannya ditentukan sesuai dengan kedalaman jarring bila dibentangkan (tegang) secara keseluruhan.

Contoh gambar desain gill net :
 
2.         Kelompok Pukat Cincin meliputi :
Purse seine, pukat cincin, pukat langgar dan lain-lain.
Kelompok alat ini umumnya mempunyai bentuk segi empat dan pada bagian tengah lebih dalam dari kedua ujungnya (sayap). Pinggir atas menggunakan tali ris atas yang dilengkapi dengan pelampung. Pinggir bawah menggunakan tali ris bawah yang dilengkapi dengan pemberat. Bagian tali ris bawah ini dipasang ring (cincin) dan pada ring ini dipasang tali kolor/tali kerut (purse line) dengan melewati lubang-lubang ring. Kelompok ini panjang alat ditentukan oleh panjang tali ris atas / tali pelampung diukur mulai ujung jarring yang diikatkan pada tali ris sampai keujung lainnya. Sedangkan lebar / dalamnya alat ditentukan oleh lebar alat yang paling lebar dengan keadaan mata jarring teregang (ditarik tegang).


Contoh gambar desain Purse seine
3.         Kelompok Pukat Kantong meliputi :
1)         Pukat kantong lingkar seperti ; Payang, Lampara, Pukat tepi (beach seine), Danish seine (dogol, cantrang).
2)         Trawl net seperti ; Otter trawl, Pair trawl dan Beam trawl.
Kelompok alat ini berbentuk kantong menyerupai kerucut dan mempunyai sayap kiri dan kanan. Pinggir sayap atas dilengkapi dengan tali ris atas (Head rope) dan pelampung. Pinggir sayap bawah dilengkapi dengan tali ris bawah (Ground rope) dan pemberat.
Panjang alat ditentukan oleh panjang tali ris atas (head rope) diukur mulai dari ujung jarring yang diikatkan pada tali ris atas sebelah kiri sampai keujung jarring yang diikatkan pada tali ris atas sebelah kanan atau sebaliknya.
Besar alat ditentukan dengan nesarnya bukaan mulut secara vertical antara tali ris atas dan tali ris bawah serta secara horizontal antara mulut jarring sayap kiri dan sayap kanan dalam operasi penangkapan dengan alat ditarik secara optimal.

Contoh gambar trawl net :
              3)  Untuk jenis-jenis kelompok lainnya ukuran alat ditentukan oleh pinggiran tali yang ditempati jarring.




Sumber: Burhanuddin, S.Pi (Widyaiswara Madya BKPI Tegal)