Saturday, August 18, 2012

ISTILAH-ISTILAH DALAM BANGUNAN KAPAL


a. Lambung Kapal

Badan kapal biasanya panjang dan simetris terhadap bidang tengah memanjang kapal. Kapal pada umumnya di bagian tengah berbentuk persegi panjang dengan kedua sudut dibawahnya dibulatkan. Dihaluan dan buritan bentuknya mendekati huruf V (fi). Bagian depan disebut HALUAN, bagian belakang disebut BURITAN, bagian bawah disebut ALAS, dan kedua dinding disamping disebut SISI atau LAMBUNG. Alas bersama lambung kiri dan kanan disebut KULIT LUAR. Kulit luar yang berada di atas permukaan air atau jarak vertikal seluruh lambung kapal yang diukur dari tepi deck ke garis muat disebut LAMBUNG BEBAS (FREE BOARD). Kulit kapal baja masing-masing pelatnya dapat dihubungkan dengan cara las atau cara keling. Cara las adalah menghubungkan pelat setelah terlebih dahulu bagian pelat yang akan disambung dicairkan, dan cara keling adalah menyambung pelat menggunakan paku keling.

b. Geladak

Lapisan yang menghubungkan bagian atas kapal disebut DECK atau GELADAK. Geladak ditopang oleh balok geladak. Geladak dibuat tidak datar, akan tetapi melengkung ke arah melintang yang disebut CEMBUNG GELADAK dan mendukung ke arah memanjang disebut LENGKUNG GELADAK atau GAING. Geladak paling atas yang menerus sepanjang kapal disebut GELADAK UTAMA dan geladak yang terletak di atas ruang timbul disebut GELADAK KIMBUL, di atas ruang akil disebut GELADAK AKIL, di atas anjungan disebut GELADAK JEMBATAN dan geladak untuk menempatkan sekoci disebut GELADAK SEKOCI.


c. Kimbul

KIMBUL adalah bangunan yang berdinding tipis selebar kapal di atas geladak utama yang berada di bagian buritan, di bagian tengah adalah ANJUNGAN dan di depan adalah AKIL. Pada geladak utama dibuat lubang palka untuk lewat barang muatan kapal ke dan dari dalam palka. Lubang palka diberi penutup palka.


d. Dasar Berganda

DASAR BERGANDA (Double Bottom) adalah dasar yang rangkap dua. Sebelah luar alas kapal dan sebelah dalam alas dalam (Top Tank) digunakan untuk :
  1. Mempertinggi keselamatan kapal di dalam pelayaran bila terjadi kerusakan pada dasar kapal.
  2. Sebagai tempat “air ballast” bila kapal berlayar tanpa muatan.
  3. Sebagai tempat penyimpanan bahan bakar, minyak pelumas dan air tawar.
  4. Dengan diisinya ruang dasar berganda dengan muatan cair dapat memperbaiki stabilitas.



e. Ruang Pemisah (Cofferdam)

Ruangan yang terdapat pada dasar berganda untuk memisahkan tangki-tangki yang diisi dengan cairan yang berbeda jenis.


f. Sekat Kedap Air (Bulk Head)

Ada 2 (dua) macam sekat kedap air yaitu :
  1. Sekat Kedap Air Melintang (Transversal Bulk Head)
  2. Sekat Kedap Air Memanjang (Longitudinal Bulk Head)

Sekat kedap air berguna untuk :
  • Membagi kapal atas beberapa bagian (Kompertment) yang kedap air.
  • Menambah kekuatan melintang kapal
  • Mencegah atau membatasi menjalarnya api apabila terjadi kebakaran dan air apabila terjadi kebocoran pada salah satu ruangan.


Banyaknya sekat kedap air melintang yang harus dipasang menurut ketentuan SOLAS adalah :
  1. Satu buah sekat pelanggaran (Collision Bulk Head)
  2. Satu buah sekat kedap air kamar mesin bagian depan
  3. Satu buah sekat kedap air kamar mesin bagian belakang
  4. Satu buah sekat kedap air belakang (After Peak Bulk Head)



g. Tangki Ceruk (Peak Tank)

Tangki Ceruk ada 2 macam antara lain : 
  1. Ceruk Haluan (Fore Peak Tank), yaitu tangki yang dibatasi bagian depan oleh linggi haluan dan di belakang oleh sekat pelanggaran. Ceruk haluan dipergunakan untuk tangki ballas atau bak rantai jangkar.
  2. Ceruk Buritan (After Peak Tank) yaitu, tangki yang dibatasi oleh linggi buritan dan dinding sekat kedap air belakang. Ceruk buritan berguna untuk air ballast.



h. Linggi

Badan kapal dilengkapi oleh bagian depan dengan linggi haluan (Stem) dan bagian belakang dengan linggi buritan (Stern Post) yang merupakan ujung-ujung yang kokoh untuk suatu kapal.
1. Linggi Haluan (Stem)
Ada beberapa bentuk linggi haluan yang kita ketahui yaitu :

a. Linggi tegak (Vertical Stem)
b. Linggi condong (Racked Stem)
c. Linggi bulba (Bulb Stem)
d. Linggi Maier (Maier Stem)
e. Linggi Gunting (Clipper Stem)
f. Linggi Pemecah Es (Ice Breaker Stem)


2. Linggi Buritan (Stern Post)
Ada beberapa bentuk linggi buritan antara lain :

a. Bentuk Eliptik.
b. Bentuk Jelajah (Cruiser) dengan kemudi imbang.

c. Bentuk Jelajah (Cruiser) dengan kemudi gantung.
d. Bentuk Balok Lintang (Transom)

i. Kemudi

Kemudi berfungsi untuk mengolah gerak kapal. Untuk menggerakkan daun kemudi yang berada di bawah permukaan air, dipergunakan mesin kemudi yang dihubungkan dengan poros kemudi pada ruang mesin kemudi. Mesin kemudi dapat dioperasikan dari ruang nahkoda yang berada di anjungan.

Ada bermacam-macam bentuk dan jenis daun kemudi antara lain :
  • Kemudi Balancir
  • Kemudi plat tunggal
  • Kemudi plat ganda



j. Kamar Mesin

Mesin kapal mempunyai ruangan tersendiri yang disebut kamar mesin. Dalam kamar mesin ini diletakkan Mesin Induk (Main Engine), mesin Bantu (Auxilary Engine), pompa-pompa, kompresor dan sebagainya. Lebar kamar mesin selebar kapal sedangkan panjangnya kurang lebih 15 % dari panjang kapal. Adapun letak kamar mesin ini ada di belakang atau ditengah-tengah kapal. Pada kapal ikan, umumnya ditempatkan di tengah, hal ini dimaksudkan untuk memberikan keleluasaan kepada anak buah kapal agar dapat bekerja di bagian belakang pada kapal ikan.


j. Palka Ikan

Ruang palka (ruang muat) adalah ruangan dibawah geladak gunanya untuk tempat menyimpan muatan kapal. Barang muatan harus dapat tersimpan dengan baik, tidak rusak dan tidak busuk. Karena itu ruangan palka harus dapat memenuhi beberapa persyaratan tertentu diantara ialah :
  • Ruang palkah harus kedap air, artinya barang yang ada di dalam ruang palka tersebut harus dapat dijamin tidak kemasukan air.
  • Ruang palka harus tidak mudah terpengaruh panas dari luar sehingga es yang di dalam palka tidak mudah mencair atau suhu yang rendah di dalam palka tidak mudah berubah naik.



Rangkuman

Bangunan kapal terdiri dari :
- lambung kapal
- geladak
- kimbul
- dasar berganda
- ruang pemisah
- sekat kedap air
- tangki ceruk
- linggi
- kemudi
- kamar mesin
- palkah



Sumber: Modul Identifikasi Struktur dan Bagian-Bagian Kapal Perikanan